Jumat, 20 April 2012

Menjalankan Program Setup BIOS

Menjalankan Program Setup BIOS
Menjalankan Program Setup BIOS Motherboard (CMOS Setup). Hal ini digunakan untuk melakukan konfigurasi motherboard untuk mengakses peralatan-peralatan yang terpasang serta mengatur tanggal dan waktu. Sistem juga dapat melakukan pengetesan untuk mengetahui permasalahan yang timbul. Ikuti perintah di bawah ini untuk melakukan konfigurasi Setup BIOS Motherboard:
  1. Pertama kali nyalakan monitor kemudian unit sistem. Amatilah operasi melalui layar dan dengar apakah ada tanda suara beep dari speaker sistem. 
  2. Sistem akan otomatis jalan melalui proses Power On Self Test (POST) termasuk video bios checking, test RAM, dan biasanya melaporkan beberapa komponen yang terpasang. Jika fatal error terjadi saat POST, kemungkinan tidak akan terlihat apa-apa di Layar dan sistem akan berbunyi beep dalam beberapa kali, hal ini mengindikasikan adanya kesalahan tertentu. 
  3. Jika tidak ada fatal error, maka akan terlihat display POST di layar. Anda dapat menekan tombol atau kombinasi tombol untuk melakukan interupsi dari urutan boot normal yang tergantung pada tipe BIOS motherboard, seperti Phonix, AMI, AWARD atau yang lain sehingga akan keluar layar program Setup yang digunakan untuk memasukkan beberapa informasi sistem yang penting. Secara normal, sistem akan diindikasikan melalui layar display yang diaktifkan melalui program setup BIOS saat POST, akan tetapi jika tidak, teliti manual motherboard untuk mencari kombinasi tombol untuk memasukkan Setup BIOS. Beberapa tombol yang biasanya digunakan untuk memasukkan BIOS Setup adalah F1, F2, F10, Esc, Ins dan DEL. 
  4. Setelah program Setup berjalan, gunakan menu pada program Setup untuk memasukkan tanggal sekarang dan waktunya, setting Hard Drive, jenis drive, card video, setting keyboard, dan lain-lain. Beberapa BIOS motherboard dapat melakukan deteksi otomatis pada hard drive, sehingga tidak perlu secara manual memasukkan beberapa parameter. 
  5. Memasukkan informasi hard drive adalah sangat penting saat anda membangun sistem anda yang baru. Beberapa fitur BIOS modern mempunyai autodetect atau type untuk mengatur drive. 
  6. Setelah meneliti semua setting di Setup BIOS, ikutilah perintah di Layar atau manual motherboard untuk menyimpan setting dan keluar dari menu Setup.
CATATAN

Beberapa sistem mempunyai program setup yang disertakan pada software ROM BIOS. Program setup built-in dapat diaktifkan dengan menekan kombinasi tombol saat POST berjalan. Beberapa sistem memperlihatkan prompt di Layar saat POST mengindikasikan tekanan tombol untuk Setup BIOS.

Beberapa Vendor utama telah melakukan standarisasi penekanan tombol untuk memasukkan Setup BIOS:

Tipe BIOS Motherboard
Penekanan Tombol pada saat POST
AMI BIOS
Tombol Del
Phonenix BIOS
Tombol F2
Award BIOS
Tombol Del atau Ctrl + Alt + Esc
Miroid Research BIOS
Tombol Esc
IBM Aptiva/Valuepoint
Tombol F1
Compaq
Tombol F10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajar Proteus : Mengukur Luaran Rangkaian Catu Daya Menggunakan Osciloscope

Pada video ini menampilkan bagaimana mengukur luaran catu daya menggunakan DC Voltmeter dan Osciloscope. Membandingkan luaran rangkaian cat...