Jumat, 20 April 2012

Troubleshooting Instalasi Baru

Troubleshooting Instalasi Baru

Pada bagian ini, sistem harus di reset ulang untuk melakukan boot dari CD Drive. Jika ada masalah, beberapa kemungkinan yang harus diperiksa adalah:
  • Jika sistem tidak hidup, periksa kabel power. Jika kabel terpasang pada colokannya, pastikan telah Anda hidupkan dengan menekan tombol power. 
  • Periksa apakah power switch telah terkoneksi dengan benar di casing. Terdapat sebuah koneksi dari switch ke motherboard, cek kedua ujungnya apakah telah terkoneksi dengan benar. 
  • Periksa konektor utama dari power supply ke board. Pastikan konektor telah menancap dengan benar. 
  • Jika sistem terlihat telah berjalan akan tetapi tidak terlihat apapun di layar, periksa monitor apakah telah terpasang dengan benar, nyalakan monitor, dan apakah terkoneksi dengan video card dengan benar. 
  • Jika sistem berbunyi beep lebih dari satu kali, BIOS melaporkan fatal error. Carilah informasi arti kode error tersebut, sebab sangat tergantung pada tipe dan versi BIOS yang digunakan. Lihat dokumentasi motherboard – lihat pada bagian BIOS terutama pada kode bunyi beep. 
  • Jika LED pada Flopppy, hard drive, atau CD/DVD drive menyala terus-menerus, kabel data mungkin terbalik atau pin bengkok atau terputus. Periksa jalur kabel apakah orientasi pin 1 pada kedua konektor drive dan board telah terpasang. Juga, periksa jumper untuk menentukan master atau slave.

 Referensi
-         Mueller, Scott, 2003, Upgrading and Repairing PCs, Penerbit : Penerbit Andi, Yogyakarta.
-         ASUS P5PE-VM, User Guide, 2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajar Proteus : Mengukur Luaran Rangkaian Catu Daya Menggunakan Osciloscope

Pada video ini menampilkan bagaimana mengukur luaran catu daya menggunakan DC Voltmeter dan Osciloscope. Membandingkan luaran rangkaian cat...